Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Bawang Putih


EnsiklopediaSehat - Pada artikel kali ini masih mengenai bawang putih, dimana artikel sebelumnya membahas tentang Khasiat Bawang Putih dan Manfaat untuk Kesehatan dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mencegahkanker dengan mengkonsumsi bawang putih. Seperti yang kita ketahui bawang putih biasa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan tetapi disisi lain ternyata terdapat banyak manfaat kesehatan bagi tubuh dan yang tak kalah penting ternyata bawang putih mampu mencegah kanker. Penasaran..? Mari kita bahas lebih luas.
Para ahli sepakat mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menghindari risiko kanker. Dari universitas Brown USA, Robert H Hurt, ahli hematologi dan onkologi, berpendapat bahwa bawang putih bisa menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Pendapat Robert juga di perkuat dengan hasil penelitian pada tikus yang disuntik sel kanker dan akhirnya tikus tersebut mati selang 16 hari. Adapun tikus yang bertahan selama 6 bulan karena sel-sel kanker diobati dengan sari bawang putih melalui suntik. Sedangkan tikus yang diberi asupan bawang putih sama sekali tidak terkena kanker. Hasil penelitian juga memperlihatkan berkurangnya risiko kanker pada usia tua sebanyak 50%. Peneliti Kominato dan Shiga dari jepang ditemukan adanya senyawa scordinin dalam bawang putih. Jika mengkonsumsi bawang putih mentah terlalu banyak bisa menimbulkan gangguan perut dan anemia hemolitik.

Manfaat Bawang Putih

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat mencegah berbagai penyakit seperti kanker payudara, lambung dan usus besar. Minyak yang dihasilkan dari ekstrak bawang putih dapat mengurangi gejala diabetes yang membahayakan jantung, sistem saraf, ginjal dan penurunan penglihatan. Bila anda terkena flu dan batuk, bawang putih bisa digunakan sebagai alternatif penyembuhan. Bawang putih mengandung sulfur dengan bau yang khas sehingga membantu melegakan hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir. Keistimewaan lainnya adalah dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi stress.
Kombinasi bawang putih, vitamin E dan selenium dapat mencegah kerontokan rambut, menaikkan jumlah sperma, menjaga kesehatan mata, sakit gigi, rematik, muntaber, penyakit kulit gatal-gatal dan bagi anda seorang wanita ternyata bawang putih ini dapat menghambat proses penuaan dini serta membuat halus kulit wajah agar cerah. Bawang putih juga bisa digunakan dalam perawatan wajah. Gunakan bawang putih sebagai masker yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, lakukan tiap satu minggu sekali. Karena jika berlebihan dapat merusak kulit yang sensitif.
Untuk menghilangkan panu, belah bawang putih kemudian gosokkan pada kulit yang berpanu. Gosok dengan menekan agar panu terkelupas. Lakukan secara teratur setiap pagi dan sore. Pengobatan wasir dengan bawang putih, caranya adalah bersihakan daerah anus dengan air hangar dan sabun lalu tumbuk halus bawang putih kemudian oleskan bawang putih yang sudah ditumbuk. Bawang putih juga dapat meningkatkan stamina bagi anda yang mudah lelah. Juga bisa menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Hmm.. banyak juga ya manfaat dari bawang putih ini.
Kesimpulan:
Konsumsi bawang putih secara tepat dapat mencegah timbulnya penyakit seperti kanker. Tetapi sebaliknya jika berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan karena dapat mengakibatkan gangguan perut dan anemia. So.. yang sedang-sedang saja. Sesuatu yang berlebihan tidak ada yang baik. Mari kita budidayakan bawang putih sebaik-baiknya.


0 Response to "Cegah Kanker Dengan Mengkonsumsi Bawang Putih"

Post a Comment